Anak Tidak Mau Sekolah, Ini Solusinya

Jika anak tidak mau sekolah mereka akan menggunakan berbagai cara agar orang tua mengijinkannya untuk tidak berangkat ke sekolah. Seperti terlambat bangun pagi, kemudian pura-pura sakit kepala, mules dan lain sebagainya.

Namun, ada juga sebagian anak yang tidak mau berangkat ke sekolah karena adanya rasa trauma. Sebagaimana disampaikan oleh Seorang Psikolog dari Sekolah Islam Terpadu Al Marjan, dalam rilis yang dimuat dalam artikel haibunda.com mengatakan bahwa anak tidak mau sekolah bisa dikarenakan mengalami fobia, dimana fobia tersebut merupakan bentuk kecemasan anak terhadap sekolah. Tanda bahwa anak mengalami fobia biasanya ditandai dengan keluhan-keluhan yang disampaikan anak saat berangkat sekolah.
Anak Tidak Mau Sekolah


Fobia ini bisa jadi karena beberapa faktor, seperti Bullying atau Bosan, karena rutinitas sekolah yang monoton. Untuk mengetahui penyebab fobia tersebut, orang tua harus mengamati secara mendalam penyebab dari kecemasan anak tidak mau berangkat ke sekolah.

Selain itu untuk menyikapi anak yang tidak mau berangkat ke sekolah, berikut ini beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh oran tua.

Solusi menghadapi anak tidak mau sekolah


1. Jelaskan Bahwa Sekolah itu Penting

Lakukan komunikasi dengan anak kemudian berikan penjelasan kepadanya bahwa sekolah sangat penting untuk meraih cita-cita mereka. Gunakan bahasa yang mudah dipahami anak-anak.
Baca juga : Tips Membangun Komunikasi Dengan Anak Terlengkap

2. Libatkan Anak saat Menyiapkan Kebutuhan Sekolah

Agar anak memiliki tanggung jawab, orang tua perlu melibatkan anak dalam menentukan dan menyiapkan segala kebutuhan anak untuk sekolah. Hal ini akan meningkatkan rasa tanggung jawab anak dan menumbuhkan rasa memiliki dalam diri anak. Sehingga anak akan menjaga segala barang-barangnya dengan baik.
Baca juga : Cara Mendidik Anak Menjadi Mandiri Dan Tidak Manja

3. Berikan Gambaran Positif dari Sekolah

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak, ceritakan mereka pengalaman yang menyenangkan saat orang tua masih sekolah dulu. Timbulkan persepsi yang baik pada anak tentang kehidupan di sekolah

4. Berikan Perhatian

Luangkan waktu untuk mengajak anak bercerita tentang pengalamannya di sekolah. Berikan perhatian yang baik akan prestasinya dan berikan apresiasi atas semangatnya ke sekolah.

5. Berikan Hadiah

Untuk menghindari kebosanan anak berangkat sekolah, orang tua perlu menyusun rencana untuk meningkatkan semangat anak ke sekolah. Salah satunya adalah memberikan hadiah kepada adak saat hari libur. Hadiah yang diberikan bukan sebatas pemberian barang baru, namun juga bisa mengajak mereka liburan atau jalan-jalan dan bermain diruang terbuka. Selain itu, orang tua juga dapat memberikan waktu kepada anak untuk melakukan hal-hal yang mereka senangi sesuai dengan kemampuan orang tua. Dengan memberikan penghargaan, diharapkan anak akan lebih semangat untuk berangkat ke sekolah.

Demikian tips untuk menghadapi anak tidak mau sekolah, semoga bermanfaat.

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar